Death March kara Hajimaru Isekai Kyusoukyoku Chapter 2 Bahasa Indonesia - Isekai Novel Translation

Isekai Novel Translation




Join Us on Facebook Join Us on Facebook

Death March kara Hajimaru Isekai Kyusoukyoku Chapter 2 Bahasa Indonesia

September 14, 2016 Pipo Narwastu


Translator: Lord D
Editor: Kirz
Proofreader: Ise-kun

Chapter 2: Written Dream Read as Ephemeral

Halo, disini Suzuki.

Memiliki keberadaan yang lemah, Aku biasa dipanggil 'Satou' sejak masih duduk dibangku sekolah dulu untuk beberapa alasan, yak inilah Suzuki.

Meskipun kau tidak akan merasa sakit bila sedang bermimpi, tapi tetap saja kau masih akan tetap bisa merasakan gejala rasa sakit pada saat kau bermimpi sakit gigi.

Nggak ngalamin?

Yah, kalau begitu bagus dah.

(TL Note: Kalau novel dimulai dari sudut pandang Satou maka biasanya akan dibuka dengan cara seperti ini, biasanya gak ada hubungannya sama plot cerita sama sekali sih, jadi gak usah terlalu dipikirin deh. )

(Editor Note: saya juga awalnya gagal paham kwkwkw..)





Sepertinya aku telah pingsan selama dua jam yang kemudian disusulnya rasa sakit ekstrem ini yang kuterima setelah [Meteor Shower] tadi mulai hilang.

Jam diperlihatkan di bagian menu. Praktis juga.

Setengah bagian tubuhku terkubur di dalam tanah.

Hah? Aku gak bisa bangun...

Rasanya seperti saat kamu tidak bisa bangun dari tempat tidurmu waktu lagi musim dingin.

Tanganku sepertinya masih bias digerakan tapi, 'menu operasi' ini menyusahkan sekali karena rasa berat ini.

Andaikan saja aku punya kemampuan ESP yang memungkinkanku untuk mengoprasikan menu dan mengecek log.

(Editor Note: kemampuan ESP yg dimaksud itu kemampuan super seperti telepati, dan kemampuan yang gak masuk akal lainnya, penjelasan lebih jelasnya: goo.gl/lzcx1A)

Ketika aku membayangkan hal semacam itu, hal itu benar-benar terjadi. Benar-benar sebuah mimpi. Bener-bener tak terbatas di tempat yang aneh seperti ini.

Ketika aku berpikir seperti itu sambil melihat log, ada sebuah pesan yang menyatakan [Satou Level Up] dan SFX (Suara) yang terkenal banget ketika ada di SFX level up setiap game, seperti [Chararacchara~] yang kedengerannya geli banget, berdering disaat aku lagi naik turunin scroll ngeliatin log.

Meneruskannya beberapa saat (Editor Note: Ngeliatin log), pada akhirnya aku menemukan message log yang berbeda dari yang lainnya.

> Mendapatkan Skill [Summoning Magic: Foreign World].

> Mendapatkan Summoning Magic [Meteor Shower] .

[Meteor Shower] adalah 'Summoning Magic' meteorit yang tadi itu kan?

(Editor Note: Summoning Magic - Sihir Pembangkitan / Pemanggilan sesuatu)

Sebuah sihir yang tidak pernah ada di FFW. Summoning Magic harusnya hanya memanggil para roh atau para golem. Meski sebagian dari dunia mengusikku. Aku yakin tidak ada skill [Foreign World] baik di FFW ataupun WW. Ini benar-benar menyusahkanku walau cuma untuk sebuah mimpi.


Pesan [Level Up] muncul kembali (di log).

Selama disana ada catatan waktunya (Editor Note: Catatan kapan si pemeran utama ini mendapatkan sesuatu), gak mungkin kalau urutan muncul pesan-nya ini salah. Urutannya itu [Mendapatkan Skill] [Mendapatkan Magic yang ada kaitannya pada Skill] baru setelah itu [Level Up].

Dengan kata lain, RPG yang satu ini tidak membolehkanmu dengan semaumu mempelajari skill dan magic saat kau naik level!.

(Editor Note: Sistemnya bekerja dengan sendirinya, si pemeran utama bisa mempelajari skill atau magic kalau dia sudah memenuhi kondisi tertentu yang ditentukan sama sistemnya)


"Tidak, tidak, ngapain aku menganalisa sesuatu di dalam mimpiku...”

Rupanya kebiasaanku menganalisis sesuatu sejak aku masih menjadi gamer muncul lagi.

Tapi tidak apa, biarpun ini memalukan karena melakukannya didalam mimpi, ayo kita lanjutkan saja analisisnya.

Bahkan dalam keadaan ini, bagaimanapun tubuh asliku sedang beristirahat dengan tenang.

Aku tutup lognya dan memutuskan untuk cek menu magic dan skill.


"Tapi, sebelum itu."

Aku menyetting agar Log terbuka secara otomatis dari [Setting].

Karena akan sangat merepotkan kalau membukanya setiap saat.




Magic yang ada adalah [Meteor Shower] dan [All Map Exploration].

Skill yang ada adalah [Summoning Magic: Foreign World] [Nature Magic: Foreign World].

Sepertinya [All Map Exploration] tergolong kedalam kategori 'Nature Magic'.

Apa magic dan skill yang bisa digunakan ini sudah tercatat?

Tapi aku tetap saja tidak bisa menggunakannya kalau aku gak salah ingat sih, kali ini sepertinya pola penggunaan eksklusif dari bonus awal tidak teratur. Sebagai programmer, aku langsung menolak gagasan yang seperti ini.

(Editor Note: artinya jika ada yang menyarankannya untuk membuat sistem seperti ini, maka ia akan langsung menolaknya)


Secara signifikan statusku telah berubah. Setelah apa yang terjadi selama ini, level ku telah naik ke level 310 dari yang awalnya level 1. Limit (Batasan) di FFW harusnya level 50 sewaktu aku mau tidur. Walaupun sebenarnya kita tingkatkan ke infinity(Tak terbatas) saat kita mengetes membebani server, untuk menguji tingkat ketahanannya, jadi mungkin saja memori ingatan dari waktu itu berpengaruh di mimpi ini.

'Experience point'-nya dempet-dempet seperti 9 nomor astronomis yang aku males bacanya. (Editor Note: Mungkin mksudnya sperti ini '999999999') Aku ingin menambahkan sambungan 'koma' untuk setiap 3 digit dibelakang nomornya. Oke mari kita usulkan untuk update selanjutnya.

Strength (STR) dan Intelligence berada di angka 99. Client FFW-nya memang menghentikannya di angka 99 tapi sebenarnya tidak ada batasnya sama sekali. Dulu waktu kita naikkan settingan batasan jumlah nilainya, secara bersamaan jumlah nilainya juga meningkat menyesuaikannya.. dengan kata lain, jumlah nilai sebenarnya bisa lebih tinggi juga disini?

(Editor Note: kalau kalian sadar, saat ini Experience point ny: 999999999. STR & INT: 99, Level 310, kwkwk OP bgt ni MC xD)

Endurance (HP dan MP), dan Stamina (SP) berubah menjadi 3100 secara bersamaan. Mereka disetting agar naik 10 poin setiap kali naik level. Ada banyak cara untuk mengurangi konsumsi dari beragam skill.

Diatur seperti ini sejak menurut Planner, mengaturnya akan menyusahkan kalau semuanya dibuat naik dengan jumlah poin yang berbeda-beda.

Ditambah lagi, jumlah skill point yang ada juga berjumlah 3100.

Apakah jumlahnya menurun gara-gara skill yang kudapatkan tadi?

Saat aku melihat 'Skill Column' dengan baik-baik, kedua skill yang berada disana sekarang berwarna abu-abu. [Magic Art: Foreign World Lv0] muncul saat aku menekan skill itu. Kupencet teks level skillnya lalu muncul konfirmasi dialog [Tolong alokasikan poin (1-10)], jadi aku coba masukkan 10 poin.

Tanpa ada satupun SFX (suara) sama sekali, teks skillnya langsung berubah menjadi warna putih lalu berganti dengan [Magic Art: Foreign World Lv10]. Skill point menjadi 3090. 1 level = 1 skill point. Mudah untuk dimengerti. Ketika aku mencoba untuk menekannya lagi, pesan [Level Maksimal] muncul.

Pada 'Magic Column', teks dari skill [All Map Exploration] berwarna putih sementara teks dari skill [Meteor Shower] tetap berwarna abu-abu.


Sepertinya kamu tidak akan bisa memenuhi persyaratan untuk bisa menggunakan sebuah Magic, kecuali kamu mengalokasikan point skill level-mu pada skill yang ada kaitannya dengan Magic yang ingin kamu gunakan. Jadi aku juga menambahkan 10 poin ke skill yang lagi satunya yaitu [Summoning Magic: Foreign World Lv0].

Banyak juga hal baru yang ditambahkan pada 'Title Column'.

Pertama [Monster Slayer]. Ya, aku paham yang ini. Lalu [Scale Tribe Slayer] [Scale Tribe Calamity] [Scale Tribe Natural Enemy] aku tidak yakin apa itu 'scale tribe' tapi mungkin saja itu maksudnya 'Monster Reptil', [Wyvern Slayer] [Dragon Slayer[Lower]] [Dragon Slayer[Infant]] [Dragon Slayer[Adult]] [Dragon Slayer[Ancient]], Dan banyak tulisan [Dragon Slayer] yang lainnya, lengkap dengan penjelasan didalamnya..

Yap, dengan begitu banyaknya munculnya title Dragon di kolom ini, aku sekarang paham kenapa bisa hal yang mustahil seperti level up sampai menembus angka 300 bisa terjadi. Peta diwarnai merah sebelumnya, sebelum serangan yang barusan.

Lalu, Sama seperti title 'Scale Tribe', [Dragon Tribe Natural Enemy] pun muncul dan title terakhir adalah [God Slayer].

(Editor Note: jujur saya gak paham sama englishnya di bagian yang ini, apa mungkin maksudnya penulisan title Dragon Tribe itu mirip dengan Scale Tribe)

Apakah kau percaya kepada Dewa

"Bentar, kapan aku membunuh dewa?"

Aku menekan log lalu mencari kata [God].

>Mengalahkan Dewa Naga AkonKagura!

Oh itu, penyebab dari God Slayer. Aku mengerti, hujan meteor itu juga membunuh sang Dewa.

Oh jadi gitu, aku membunuhnya...

Hanya 2 yang tersisa, teknik God Slaying (Menghabisi Dewa)!

Tidak tidak, mengapa aku membunuh mereka?

Tetapi, log tidak menunjukan jumlah damage sehingga aku tidak tahu seberapa besar kekuatannya. Di FFW dan WW, banyaknya damage pada serangan terakhir seharusnya ditunjukan tapi... kurasa tidak ada gunanya mempertanyakan ini di dalam mimpi.

Karena sudah lebih mudah untuk bergerak, aku berdiri.

Aku mematikan icon untuk [Meteor Shower] di [Setting] karena aku tidak ingin menjadi musuh umat manusia karena secara tidak sengaja menekannya.

Oh iya, aku masih belum menggunakan 'Magic Column'.

Aku kemudian merubahnya ke laman yang ada [All Map Exploration] dan [Meteor Shower] di dalamnya. Nah terus, gimana cara aku menggunakannya. Semoga dengan menekannya saja akan membuatnya bekerja.

Tidak ada perubahan yang mencolok pada saat aku mencoba untuk menggunakan [All Map Exploration].

Ketika aku cek lognya, disana ada pesan yang mengatakan [Magic: All Map Exploration telah digunakan]. MP menjadi 3090 di status. Sepertinya magic ini menggunakan 10 MP. Aku menambahkan HP dan MP ke indikator dasar karena menyebalkan untuk terus melakukan cek secara terus menerus.

Tidak ada hal lain yang dimunculkan oleh radar kecuali diriku.

Rasanya enak juga ketika tidak ada musuh tapi pembantaian masal seperti ini tidak lucu. Tidak, tunggu, hal semacam ini normal untuk sebuah game.

Karena tidak ada korban manusia jadi kurasa tidak apa-apa kan? Aku secara perlahan menekan icon [Meteor Shower]. Rasanya ada sesuatu yang hebat menyeret keluar rasa semangatku. Aku melihat MP-ku yang terus menurun. MP-ku baru berhenti menurun pada saat 1000 point tercapai secara tepat.

Tidak terasa seperti saat aku pertama kali menggunakannya, rasanya sekarang aku tidak menggunakan power sihir milikku yang sama seperti sebelumnya.

Aku menengok ke atas langit. Masih belum ada meteorit. Mengingat apa yang terjadi sebelumnya, seharusnya sebentar lagi muncul.

Dan sekelompok meteor membelah awan.

Buset besar amat!. Apaan tuh!.

Ukurannya 100 kali lebih besar dari meteorit sebelumnya.

Aku segera menuruti instingku untuk berlari menjauh dari sana sebelum sempat berpikir.

Tentunya ke arah yang berlawanan dari tempat terjatuhnya meteorit tersebut.

Aku berlari secepat yang kubisa dengan dilanjutkannya munculnya suara meteorit besar yang sedang berjatuhan dibelakangku.

Seperti saat berjalan melewati air, udara yang menghalangi terasa terlalu kuat dan menarikku. Apa normal ya kalau terasa lamban gini kalau kita lagi lari di dalam mimpi, atau cuma aku yang begini?

Aku menggelinding dari arah sisi lain ke sebuah tembok batu kecil yang berbentuk menyerupai meja. Meskipun aku mengatakan kalau batu itu kecil, tapi jaraknya berada di radius 100 meter jadi aman-aman saja untuk menggunakannya sebagai perisai.

 

Sebuah tsunami pasir langsung menyapuku disaat aku ingin menuju ke tempat perlindungan itu, Batu yang berukuran seperti orang dewasa, terkadang berputar diantara awan yang penuh debu itu, bulu kudukku langsung merinding.

Aku ingin tahu berapa lama lagi hal ini akan terjadi. Saat awan yang penuh debu itu mulai hilang aku memanjat dinding batu untuk melihat tempat dimana meteorit itu jatuh.

Karena lereng yang cukup curam aku mencoba untuk melewati ketinggian 50 centimeter lebih itu.

Pon. Aku terbang 5 meter sambil mendengar SFX(suara) kaya gitu.
(TL Note: Efek suara original kupertahankan dan Pon itu adalah efek suara atau SFX-nya di sini)

Aku lalu mendarat di pinggir sebuah batu dengan agak panik.

"Peningkatan status seperti ini, gak lucu nih~”

Aku mencoba untuk menipu tubuhku yang lagi gemetaran ini, dengan berbicara seperti ini pada diriku sendiri.

"Metorit besar itu tadi mungkin gara-gara INT(Intelligence) yang meningkat juga~”

Aku menaiki tembok dengan cara lain seperti menginjak berbagai ujung dan pinggiran batu layaknya seorang ninja di suatu game dan manga. Betapa nyamannya. Meski di dalam mimpi, aku memiliki kemampuan beradaptasi yang bagus menurutku.

Aku bisa melihat Awan berbentuk jamur dari kejauhan. Kemungkinan besar, itu adalah endapan yang ikut menjadi korban ledakan ini. Hal ini akan menciptakan gagal panen dan juga bencana kesehatan tubuh kalau ini adalah dunia nyata, karena menurunnya intensitas cahaya matahari.

(Editor Note: Awan berbentuk jamur yg dimaksud: goo.gl/5ht2p1)

"Ini hanyalah sebuah mimpi, tidak bisa diapa-apakan lagi bahkan jika aku mencoba untuk memikirkannya.”

Aku pikir ini buruk karena terlihat begitu nyata.
.

No comments:

DMCA.com Protection Status